Minggu, 13 Desember 2009

LOGO PERUSAHAAN


Kenapa korporasi butuh logo?
Bagaimana logo yang efektif?


Sebelum merancang logo, Anda perlu paham terlebih dulu, apa itu logo? Kenapa corporate butuh logo? Bagaimana logo yang efektif?
Logo dibuat tentu bukan sekedar sebagai simbol perusahaan atau organisasi, melainkan harus mampu merepresentasikan korporasi dan mampu memberikan trust – dalam tempo sesingkat mungkin.

Logo bisa berupa pengembangan huruf (disebut logotype), bisa berupa gambar (disebut logogram), dan dapat pula logo merupakan gabungan dari huruf dan gambar. Nama-nama perusahaan atau organisasi yang sudah mapan umumnya memiliki logo dengan warna dan jenis huruf khusus yang digunakan secara konsisten. Contohnya Coca Cola, Canon, Google, dan lain-lain. Adapula yang hanya berupa gambar atau image, seperti Nike yang terkenal dengan sebutan swoosh. Buku ini menggunakan istilah yang sudah lazim digunakan, yaitu logo. Dapat diartikan sebagai logotype, logogram atau gabungan keduanya.

A. Kenapa perusahaan perlu Logo?
Jika mata kita bisa berbicara mungkin akan komplain karena setiap hari selalu dijejali logo. Dapatkah Anda menghitung berapa banyak logo yang nyelonong ke mata kita setiap hari? Mulai dari bangun pagi, saat kita pegang handphone atau melihat jam dinding, mata kita sudah bertatapan dengan logo. Menuju ke kamar mandi kita melihat kloset, wastafel, kran, shower, sikat gigi, odol, sabun mandi, sampo, dan segala perlengkapan yang semuanya ditandai dengan merk produk. Demikian pula yang menempel di tubuh kita, dari celana, baju, dasi, sabuk, sepatu, kaos kaki, dompet, jam tangan, kacamata, tas, sampai kunci kendaraan – semua barang tadi tidak ada yang tanpa brand. Ini baru di badan kita. Bagaimana kalau dilanjutkan ke sepanjang jalan yang kita lewati? Berapa banyak logo yang tanpa sengaja kita lihat di billboard, poster, spanduk, banner, papan nama, kendaraan, payung, jaket, helm, stiker, dan lain-lainnya? Sesampai di kantor mata kita masih dijejali logo; di ruang kerja, di ruang meeting, di kantin, di toilet, dan di manapun. Sampai kembali ke tempat tidur lagi pada malam hari. Benda-benda yang kita jumpai seperti kasur, bantal, piyama, selimut, sandal, dan sembarang produk di ruang tidur, semuanya berlogo.
Seberapa pentingkah makna logo bagi perusahaan? Apakah konsumen juga memerlukan logo? Anda tentu sudah tahu jawabannya. Di atas telah disinggung bahwa logo sangat dibutuhkan perusahaan atau organisasi guna mengenalkan identitas dan menyebarkan citra. Di sisi lain, dengan adanya logo konsumen terbantu mengenali produk yang dicari. Saat ini di pasaran dunia telah beredar ratusan juta perusahaan dari berbagai produk dan jasa. Di Amerika tercatat setiap tahunnya lebih dari seratus ribu perusahaan baru mendaftarkan diri. Dapat dibayangkan betapa repotnya konsumen mencari produk di supermarket kalau kemasannya tidak diberi label. Bagaimana orang bisa mengenali mobil Honda, Hyundai, BMW, VW, kalau tidak ada logonya? Ketika Anda masuk ke toko olah raga untuk mencari sepatu, Anda dapat dengan mudah dan cepat mengenali logo Nike, Adidas atau Reebok yang sangat konsisten itu. Mungkin tidak hanya logo yang Anda kenal, tetapi juga kualitas produk, image, spirit, dan perkiraan harga. Mungkin pula Anda mengenal para bintang lapangan yang memakai produk-produk tersebut. Karena perusahaan memasang logo di mana-mana; di jaket, di t-shirt, di topi, dan di semua media.
Di era global market yang sangat kompetitif saat ini, logo bukan lagi sekedar tanda atau merk dagang, melainkan sudah menjadi senjata bisnis. Bahkan logo kini sudah menjadi kebutuhan bagi setiap organisasi yang ingin dikenal publik, termasuk organisasi politik. Nama-nama partai politik di Indonesia yang begitu banyak tentu sulit dikenali masyarakat jika tidak memakai logo.

B. Logo yang efektif
Bagaimana logo yang efektif? Secara umum dapat dikatakan, logo yang efektif adalah logo yang mudah diingat dan mampu mengekspresikan spirit perusahaan atau organisasi. Coba sejenak Anda mengingat logo-logo apa saja yang paling mengesankan dan tergambar dalam pikiran Anda saat ini. Logo apa yang paling mengesankan dan mudah mengingatnya? Mungkin muncul di memori Anda logo Coca Cola, Nike, McDonalds, Apple, Google, atau logo lainnya. Logo-logo tersebut sangat dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia. Kenapa? Apa keistimewaan logo-logo tersebut?
Seorang desainer terkemuka John Williams mengatakan, jika Anda melihat logo selama kurang dari 10 detik kemudian Anda tidak mampu mengingat dan menggambarkan logo tersebut, maka kemungkinan besar logo tersebut terlalu rumit untuk diingat. Selain sulit diingat, kemungkinan logo tersebut kurang efektif jika dikecilkan atau dicetak hitam-putih.
Senada dengan Williams, desainer grafis Australia Jacob Cass memberikan tips atau prinsip-prinsip desain logo sebagai berikut.

1. Logo harus mampu mendeskripsikan perusahaan atau produk (describable)
2. Jika dicetak hitam-putih (tanpa warna) logo tetap efektif dan menarik (effective without colour)
3. Logo harus simpel dan mudah diingat (memorable).
4. Dalam ukuran kecil logo masih bisa dibaca dan dapat dikenali (scalable)

Logo yang efektif umumnya memiliki konsep desain yang kuat. Pertanyaan yang harus dijawab sebelum merancang logo adalah, image seperti apa yang hendak disampaikan perusahaan kepada publik? Logo bengkel mobil misalnya, harus mampu merefleksikan image kendaraan bermesin. Tidak selalu dengan gambar mobil atau peralatan bengkel, bisa saja menggunakan bentuk dan warna abstrak (non-figuratif) untuk merepresentasikan filosofi perusahaan.

Oke, sekian dulu semoga bermanfaat...

Jumat, 11 Desember 2009

DRAFT SOAL PRAKTIK KEJURUAN DKV 2009-2010

DRAFT SOAL PRAKTIK KEJURUAN
UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Berikut ini adalah hasil penyusunan draft soal Ujian Nasional 2009-2010
Praktik Kejuruan untuk Desain Komunikasi Visual, disusun di Jakarta awal Nopember 2009. Semoga bermanfaat dan menjadikan Anda lebih siap menghadapi ujian praktik.

Ada 3 pilihan soal, Anda diminta mengerjakan salah satu dari 3 (tiga) soal berikut ini.

Soal Paket 1:
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Program Keahlian : DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Kode : F434
Judul Tugas : DESAIN POSTER
Alokasi Waktu : 18 - 24 jam

SOAL/TUGAS
Buatlah DESAIN POSTER untuk mempromosikan pendidikan SMK dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Memuat ilustrasi utama berupa foto yang relevan dengan pendidikan SMK.
2. Tambahkan ilustrasi penunjang untuk memperkuat pesan atau image pendidikan SMK.
3. Foto dapat disiapkan sendiri oleh siswa atau diambil dari sumber lain.
4. Memuat unsur-unsur visual berupa judul ”SMK BISA”, logo Tutwuri Handayani, dan logo provinsi daerah.
5. Ukuran poster : A3.

Soal Paket 2:
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Program Keahlian : DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Kode : F434
Judul Tugas : DESAIN KEMASAN (PACKAGING)
Alokasi Waktu : 18 - 24 jam

SOAL/TUGAS
1. Buatlah visual label merk makanan tradisional (kering) yang menarik, unik, dan memiliki ciri khas.
2. Aplikasikan label ke dalam desain kemasan produk (packaging).
3. Memuat slogan di bawah label / merek produk
4. Bentuk dan struktur kemasan produk bebas, disesuaikan dengan karakter produk dan target market
5. Keterangan yang harus termuat dalam kemasan adalah:
- Komposisi / formulasi bahan
- Logo recycle, dan barcode penjualan
- Isi / content atau netto
- Teks: Diolah secara higienis dan halal
- Logo perusahaan
6. Ilustrasi utama berupa foto produk disiapkan sendiri oleh siswa. Pemotretan produk dilakukan di sekolah, dapat menggunakan cahaya alam atau studio lighting. Semua peralatan pendukung fotografi dapat digunakan.
7. Tambahkan foto penunjang untuk menambah daya tarik dan memperkuat image produk.


Soal Paket 3:
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Program Keahlian : DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Kode : F434
Judul Tugas : DESAIN IKLAN MAJALAH
Alokasi Waktu : 18 - 24 jam

SOAL/TUGAS
Buatlah desain iklan majalah untuk mempromosikan obyek wisata di daerah Anda dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Memuat ilustrasi berupa foto (boleh lebih dari satu) yang menarik, dapat memotret sendiri atau diambil dari sumber lain. Foto disiapkan sendiri oleh siswa.
2. Unsur-unsur visual lainnya berupa:
- Judul (heading) yang singkat, padat, dan persuasif.
- Slogan (tagline)
- Logo pemerintah daerah setempat (kabupaten/kota atau provinsi).
3. Ukuran iklan : A4

SELAMAT BEKERJA... SEMOGA SUKSES!

Minggu, 06 Desember 2009

METODE PENGEMBANGAN SENI

Soal - PAUD (UT) Semester 4./ Kelas: Yogya Timur 1, 2, 3.
Petunjuk mengerjakan:
1. Semua soal dicopy
2. Tuliskan jawaban tiap nomor.
Misal :
1 A
2 B
3 dst

Tulis nama lengkap, nomor mhs, dan pokjar...

Pilihlah jawaban yang benar dengan cara melingkari A, B, C, atau D pada lembar jawaban.

1. Berdasarkan bentuk dan medianya, seni dapat diklasifikasikan menjadi 3 (tiga) kelompok, yaitu:
A. Seni Rupa, Seni Tari, Seni Musik
B. Seni Pertunjukan, Seni Drama, Seni Sastra
C. Seni Pertunjukan, Seni Sastra, Seni Lukis
D. Seni Rupa, Seni Pertunjukan, Seni Sastra
E. Seni Sastra, Seni Lukis, Seni Tari

2. Berikut ini yang bukan merupakan Seni Pertunjukan adalah .....
A. Seni musik
B. Seni drama
C. Seni sastra
D. Seni tari
E. Film

3. Menurut fungsinya, seni rupa dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu ....
A. Seni Murni dan Kerajinan
B. Seni Murni dan Seni Pakai
C. Seni Lukis dan Kerajinan
D. Seni Lukis dan Seni Terapan
E. Seni Murni dan Seni 3 Dimensi

4. Sandiwara boneka, pantomim, dan bermain peran termasuk dalam klasifikasi seni ....
A. Tari
B. Rupa
C. Sastra
D. Pertunjukan
E. Tari dan musik

5. Pengalaman melihat pameran lukisan dan menonton pertunjukan musik perlu dilakukan anak TK sebagai bentuk pembelajaran ....
A. Keterampilan
B. Pengetahuan
C. Pengalaman
D. Apresiasi
E. Apersepsi

6. Anak yang berani menari di depan publik (orang banyak) adalah hasil pengembangan aspek ... yang dilakukan guru kepada anak didik.
A. Fisik
B. Mental
C. Moral
D. Bahasa
E. Sosial emosional

7. Jenis gambar yang mengabaikan kaidah proporsi, perspektif, dan kemiripan bentuk disebut menggambar ....
A. Konstruksi
B. Pesrspektif
C. Bentuk
D. Ekspresi
E. Imajinasi

8. Anak yang dapat bekerja sama dengan temannya dalam membangun rumah-rumahan balok memperlihatkan kemampuan dasar ....
A. Intelektual
B. Sosial
C. Fisik
D. Mental
E. Emosional

9. Mengajak anak untuk mengamati, mengalami, merasakan, menikmati dan menghargai keindahan termasuk cara menumbuhkan kepekaan ....
A. Intelektual
B. Sosial
C. Emosional
D. Estetik
E. Fisik

10. Hasil karya seni anak yang berani dan spontan dapat dikatakan bersifat ....
A. Dinamis
B. Ekspresif
C. Unik
D. Irasional
E. Emosional

Jumat, 04 Desember 2009

soal ulangan teori kejuruan

Soal ulangan teori kejuruan
kelas 2 DKV – 05 desember 2009




Petunjuk mengerjakan:

Jawablah semua pertanyaan berikut ini dengan singkat, padat dan jelas.

Jawaban diketik menggunakan huruf arial, 11 point, spasi 1 (single).
Kirim jawaban kamu ke :
artlink_9@yahoo.co.uk atau rakhmatsupriyono@yahoo.co.id
Jangan lupa tulis: Nama lengkap, Nomor presensi, kelas.


Ditunggu paling lambat Senin, 7 Desember 2009, jam 22.00 WIB.

1. Fungsi logo?
2. Perbedaan logotype dan logogram?
3. Unsur2 visual pembentuk logo?
4. Fungsi stationery kit?
5. Jenis2 stationery kit?
6. Pengertian corporate identity?
7. Contoh2 corporate identity?
8. Pengertian iklan?
9. Beda iklan komersial dengan Iklan Layanan Masyarakat (ILM)?
10. Fungsi kemasan atau packaging?
11. Unsur2 yang termuat pada packaging?
12. Kegunaan CorelDraw dan Photoshop, bedanya?
13. Alat untuk membuat segi banyak pada toolbox CorelDraw disebut….
14. Alat untuk memindahkan, memperbesar/memperkecil obyek pada CorelDraw disebut….
15. File – edit – arrange, dst pada tampilan CorelDraw disebut…..


Selamat mengerjakan...


Oya..., bagi yg belum ngumpul tugas praktek, bisa juga sekalian dikumpul. Semseter ini tugas kelas 2DKV cukup 5 tugas saja (yang dikumpul), yaitu:


1. Desain logo


2. Aplikasi logo ke stationery kit (amplop, kop surat, kartu nama)


3. Desain iklan majalah (komersial atau sosial)


4. Manipulasi image (Photoshop)


5. Desain packaging






Selasa, 01 Desember 2009


Embracing Our Differences - DEADLINE JANUARY 12, 2010 - $3000 in Awards Embracing Our Differences invites artists, photographers, professionals, amateurs, teachers and students to participate in its 7th annual visual art exhibit celebrating diversity. National and international submissions are encouraged. 45 artists will be selected for the exhibit.
The Embracing Our Differences exhibit will be displayed throughout the month of April 2010 at Island Park along Sarasota's beautiful bayfront. The exhibit will also be displayed throughout the month of May 2010 in North Port, Florida. Since 2004, the exhibit has been viewed by more than 550,000 visitors. The exhibit will contain 39 billboard-sized (16 feet wide by 12 1/2 feet high) images of the selected artworks. An additional six "honorable mention" selections will be made.
Final selections will be chosen based on artistic excellence in reflection of the theme "Embracing Our Differences". The art-work will also be evaluated on how effectively it will read outdoors when enlarged to billboard size - 16 feet wide by 12 1/2 feet high. Artists are encouraged to use bold saturated colors and strong lines. Final selections will be made by a 3-judge panel of professional artists, curators and art professionals.
A total of $3,000.00 in awards will be presented.Deadline for submission is January 12, 2010. There is no submission fee nor limit on the number of entries.The mission of Embracing Our Differences is to use art as a catalyst for creating awareness and promoting the value of diversity, the benefits of inclusion and the significance of the active rejection of hatred and prejudice.
For more info on please visit: http://www.embracingourdifferences.org/
To download prospectus: http://embracingourdifferences.org/pdfs/2010callartists.pdf